Perhimpunan Fotografer Bali “Launching” SFI Ke-40

PERHELATAN Salonfoto Indonesia (SFI) ke-40 secara resmi di-launching di Denpasar Art Space, Jumat (26/4) kemarin.  Tahun ini, Perhimpunan Fotografer Bali (PFB) yang merupakan komunitas fotografer tertua di Bali untuk ketigakalinya dipercaya menjadi tuan rumah atau pelaksana. Acara launching ajang unjuk kreasi seni foto terbesar di Indonesia ini dirangkaikan dengan Seminar Fotografi “Mengenal Salonfoto” yang menampilkan pembicara Andi Sucirta.


Panitia Salonfoto Indonesia ke-40, Bali 2019 berfoto bersama.


Narasumber, dr. I.B.P. Andi Sucirta, EFIAP, A.FPSI** saat membawakan seminar "Mengenal Salonfoto"

Menurut Ketua Panitia Pelaksana SFI ke-40 Kadek Wigunantara Eka Putra, perhelatan SFI tahun ini mengusung tema “Perayaan Seni Foto”. Tema ini dimaknai sebagai sebuah pesta atau perayaan para insan fotografi di Indonesia untuk menumpahkan ide dan kreativitasnya di bidang fotografi sekaligus ajang silaturahmi untuk mempererat tali persahabatan dan persaudaraan di antara mereka. “SFI diselenggarakan oleh Federasi Perkumpulan Senifoto Indonesia (FPSI) dan setiap tahun dilaksanakan secara bergiliran oleh klub fotografi yang berada di bawah naungan FPSI. Tahun 2019 ini, PFB untuk ketigakalinya dipercaya sebagai pelaksana. Sebelumnya, PFB juga dipercaya sebagai pelaksana SFI pada tahun 1993 dan 2006,” ujarnya.


Wigunantara Eka Putra menambahkan, SFI sejatinya merupakan ajang pameran karya fotografi yang didahului dengan proses lomba berisikan kurasi atau penjurian oleh juri-juri fotografi yang berkompeten di bidangnya. Ditegaskan, SFI dapat dijadikan indikator atas kualitas karya fotografi seseorang fotografer karena SFI juga memberikan apresiasi kepada para peserta. Wujud apresiasi itu berupa medali emas, medali perak, perunggu dan penghargaan (honorable mention) serta hadiah-hadiah lainnya. Karya-karya fotografi terpilih juga memperoleh poin/nilai dan para peserta yang berhasil mengumpulkan nilai komulatif tertentu akan berhak atas gelar fotografi yang diakui dunia fotografi internasional. “Ajang ini sejatinya lebih diarahkan kepada pencarian gelar atau pengakuan dari sesama kolega dalam lingkup fotografi, baik di tingkat domestik maupun internasional. Tentunya, gelar fotografi tersebut merupakan sebuah kebanggaan dan pencapaian tersendiri sepanjang karir seorang fotografer,” katanya dan menambahkan, karya-karya fotografi para pemenang akan dipamerkan dan seluruh foto pemenang serta foto-foto terpilih tersebut akan dicetak dalam buku fotografi yang eksklusif.

Penyerahan sertifikat & doorprise oleh panitia

Peserta seminar berfoto bersama dalam acara launching SFI40 Bali 2019.

Menurut Wigunantara Eka Putra, ada empat kategori yang dilombakan pada SFI ke-40 ini. Yakni,kategori Cetak Warna, Cetak Monokrom, Softcopy Travel Photography dan kategori Softcopy Street Photography. Pada masing-masing kategori akan disiapkan hadiah dan penghargaan khusus, yakni satu medali emas, dua medali perak, lima medali perunggu, 10 tanda penghargaan dan satu medali emas untuk pasangan terbaik (best set). 

Bagi peraih medali emas kategori Cetak Warna, Cetak Monokrom, dan Softcopy Street Photography akan mendapat kamera Fujifilm X-T100 Body Only oleh Focus Nusantara. Sedangkan peraih medali emas Softcopy Travel Photography akan mendapat paket photo trip senilai total Rp 40 juta oleh Mahacaraka. 

Selain itu, ada juga penghargaan khusus untuk Cetak Monokrom berupa Best Landscape yang berhak atas Trofi Mahacaraka Award, Best Hi-Key dan Best Architecture (Trofi Pulau Intan Award). Untuk kategori Cetak Warna, ada penghargaan Best Aerial (Trofi Mahacaraka Award), Best Stage dan Best Sport (Trofi Focus Nusantara Award). Pada kategori Softcopy Travel Photography ada penghargaan khusus Best Travel Portrait (Trofi Mahacaraka Award), Best Balinese Culture dan Best Tourism Destination (Trofi Epson Award). Sedangkan pada Softcopy Street Photography ada penghargaan khusus Best Reflection (Trofi Mahacaraka Award), Best Street on Beach (Trofi Fujishop.id Award) dan Best Street Nightshoot. 

Bagi peserta dengan jumlah komulatif nilai tertinggi berhak atas Adam Malik Memorial Award (piala bergilir), kamera Fujifilm X-T100 oleh Focus Nusantara, paket photo trip senilai total Rp 60 juta oleh Mahacaraka. Sedangkan klub foto anggota FPSI dengan perolehan akumulasi poin tertinggi atau Best Photo Club berhak Piala FPSI (piala bergilir). (ian)

Phone: (0361) 228 168
WhatsApp: 0821-4412-2244
Email: infosfi40@gmail.com
Panitia Salonfoto Indonesia 40
Jl. Kecubung No.81 Denpasar,
Bali, Indonesia. 80235