Penjurian SFI Ke-40

Penjurian SFI Ke-40

425 Fotografer “Bertarung” Perebutkan “Adam Malik Memorial Award”

PROSES penjurian Salon Foto Indonesia (SFI) ke-40 sudah dilaksanakan di Grand Livio Hotel, Kuta, Bali,  Sabtu (13/7) hingga Minggu (14/7) lalu. Tercatat 4.528 karya fotografi hasil jepretan 425 fotografer dari seluruh Indonesia saling bersaing untuk memikat hati para juri. Ke-4.528 karya fotografi itu terbagi dalam empat ketegori, yakni  Cetak Warna, Cetak Monokrom, Softcopy Travel Photography  dan Softcopy Street Photography.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana SFI ke-40 Kadek Wigunantara Eka Putra, jumlah karya fotografi yang masuk pada SFI ke-40 merupakan jumlah terbanyak sepanjang sejarah perhelatan event fotografi bergengsi gelaran Federasi Perkumpulan Senifoto Indonesia (FPSI) ini. Tingginya antusiasme insan fotografi di Tanah Air untuk mengikuti event tahun ini, tentu saja merupakan kebanggaan tersendiri bagi Perhimpunan Fotografer Bali (PFB) yang dipercaya menjadi tuan rumah atau pelaksana SFI untuk ketigakalinya. “Peningkatan jumlah karya fotografi yang cukup signifikan terjadi pada seluruh kategori, yakni Cetak Warna, Cetak Monokrom, Softcopy Travel Photography dan Softcopy Street Photography. Dari jumlah peserta juga terjadi peningkatan dibandingkan penyelenggaraan SFI tahun-tahun sebelumnya. Pada SFI ke-40 ini, jumlah peserta yang melunasi entry fee tercatat 434 orang. Namun, jumlah peserta yang meng-upload karya atau secara resmi mengikuti perhelatan ini hanya 425 orang. Ke-425 fotografer inilah yang bertarung untuk meraih poin kumulatif tertinggi guna memperebutkan Adam Malik Memorial Award,” katanya memaparkan.

Dari 4.528 karya fotografi yang ikut proses penjurian di empat kategori, kata Wigunantara Eka Putra,  tercatat 1.171 karya fotografi di antaranya dinyatakan lolos kurasi (accepted). Rinciannya, jumlah karya fotografi untuk Cetak Warna tercatat 965 karya dan 449 karya dinyatakan accepted, Cetak Monokrom 986 karya (176 accepted), Softcopy Travel Photography 1.329 karya (336accepted) dan Softcopy Street Photography 1.248 karya (210 accepted). “Dari 1.171 karya fotografi accepted tersebut, 100 karya di antaranya terpilih sebagai peraih medali dan penghargaan. Fotografer peraih poin kumulatif tertinggi berhak atas Adam Malik Memorial Award. Sedangkan klub fotografi anggota FPSI  dengan perolehan poin komulatif tertinggi berhak atas Piala FPSI Best Photo Club,” ujarnya dan menambahkan, notifikasi accepted rencananya akan disampaikan kepada seluruh peserta SFI ke-40 sebelum tanggal 15 Agustus 2019.

Wigunantara Eka Putra menambahkan, awarding atau penyerahan award kepada para peraih medali dan penghargaan digelar di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Bali, 7 September 2019. Pada kesempatan itu, seluruh karya fotografi yang meraih medali dan penghargaan akan dipamerkan untuk umum. “Kami tunggu kehadiran seluruh insan fotografi di Tanah Air pada saatawarding untuk menyaksikan karya-karya fotografi terbaik pada SFI ke-40 yang akan dikemas dalam sebuah pameran yang eksklusif. Tentunya, karya-karya tersebut bisa dijadikan sebuah referensi maupun inspirasi bagi para insan fotografi dalam berkarya. Selain itu, di ajang ini kami juga akan menggelar workshop fotografi dengan narasumber yang sangat berkompeten dan lomba fotografi on the spot dengan hadiah yang sangat menarik. Mari kita jadikan seluruh rangkaian SFI ke-40 yang mengusung tema ‘Perayaan Seni Foto’ sebagai sebuah pesta atau perayaan para insan fotografi di Tanah Air untuk menumpahkan ide dan kreativitas di bidang fotografi sekaligus ajang silaturahmi untuk mempererat tali persahabatan dan persaudaraan,” tegasnya. (ian)

 

Phone: (0361) 228 168
WhatsApp: 0821-4412-2244
Email: infosfi40@gmail.com
Panitia Salonfoto Indonesia 40
Jl. Kecubung No.81 Denpasar,
Bali, Indonesia. 80235